Candi Gedong Songo

Januari 8, 2008 at 12:12 pm (Salatiga Raya)

yaaah….. tahun baru masehi telah lewat.. kemarin sepi…… bingung mau kemana?gara si dia gak bisa kemana-mana dak dapat libur …. kacian juga ? beberapa hari yang lalu sms gendul (teman naik gunung)pingin sih mo tak ajak naik gunung, lagian da lama banget gak muncak.eeeeee malah di bales gak bisa soale mo tahun barunan ama pacare…!!(! kemajuan anak itu)sial….sial.Senin sore magelang di guyur hujan ,, nekat pulang ke salatiga.. ketemu ma temen lama yang mo ke candi gedong songo images1.jpg.ikullah aku naik ke candi gedong songo………Dasar emang lagi siaaalll.ternyata ramai sekali sampai dak bisa naik ke atas…sialll..siallll….yaaah pulang tidur di rumah aja.

Candi gedung songo ini dia………..?

Candi Gedong Songo adalah nama sebuah komplek bangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di Desa Candi, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia tepatnya di lereng Gunung Ungaran. Di kompleks candi ini terdapat lima buah candi.

Candi ini diketemukan oleh Raffles pada tahun 1804 dan merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 (tahun 927 masehi).

Candi ini memiliki persamaan dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo. Candi ini terletak pada ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut sehingga suhu udara disini cukup dingin (berkisar antara 19-27°C)

Lokasi 9 candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran ini memiliki pemandangan alam yang indah. Di sekitar lokasi juga terdapat hutan pinus yang tertata rapi serta mata air yang mengandung belerang.

Kata “Gedong Songo” berasal dari bahasa Jawa “Gedong” yang berarti bangunan dan “Songo” yang berarti sembilan. Dulunya, nama kompleks candi ini disebut “Gedong Pitu” alias Gedong Tujuh, karena saat pertama kali ditemukan oleh Gubernur Jendral Raffles tahun 1740, ada 7 candi. Kemudian ditemukan lagi 2 bangunan candi sehingga disebut dengan “Gedong Songo”.

Meski namanya Gedong Songo, namun cuma 5 candi saja yang masih berdiri kokoh. Empat candi lainnya cuma tertinggal puing. Semua candi ini terletak menyebar di beberapa bukit ke atas, dengan urutan candi nomor satu berada di paling bawah, kemudian berurutan hingga ke atas.

Selain candi, di kompleks obyek wisata ini terdapat taman bermain dengan berbagai fasilitas pemainan, hutan pinus yang nyaman untuk berekreasi dengan keluarga, ladang-ladang sayuran milik penduduk sekitar, serta bumi perkemahan. Tak jarang pula, pendakian ke puncak Gunung Ungaran juga dimulai dari kompleks ini.

Menurut informasi yang saya peroleh, konon di kawasan candi yang bersuhu sekitar 20° Celcius ini ternyata memiliki kekuatan bio energi terbaik di Asia. Bahkan bio energi di kompleks ini lebih baik dari Pegunungan Tibet atau pegunungan di Asia lainnya.

Soal kebenarannya, saya sendiri ndak ngecek. Tapi memang, berada di kawasan ini sangat mengasyikkan apalagi sambil pacaran:D

Berlibur ke tempat ini, selain menambah wawasan budaya juga mampu memberi kesegaran karena panorama dan hawa sejuk yang ada.

Menilik sejarah, candi ini ndak ada yang tau secara pasti siapa yang membangun. Tetapi melihat dari bentuk arsitekturnya, diperkirakan candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh Wangsa Syailendra, walau ada versi lain yang menyebutkan dibangun oleh Raja Sanjaya.

Menurut fungsinya, diperkirakan candi ini digunakan selain untuk pemujaan juga digunakan untuk pemakaman.

Candi Gedong Songo, selain memberikan wawasan budaya, keindahan alamnya bisa menjadi alternatif lokasi wisata andac1.jpg

16 Komentar

  1. dewi said,

    aku juga suka kalau ke candi gedong songo. aq pingin ke sanalagi. naik kuda. ditendang kuda. yang jelas,,,,,,,,, aku suka candi gedong songo

  2. intan said,

    candi gedong songo emg keren…enk buat refreshing..

  3. khoirun naim said,

    di gedung songo enak sekali. banyak manfaatnya. tapi saya itu takut kalau berjalan turun, karena sangat curam sekali.

  4. bibien said,

    akh ndeso,,,,!!!!!!!!!!
    rag tau neng gedong songo..
    biasa aj kale,,
    berlebihan bgt,,,
    wkwkkwkwkw…….

  5. m_mie said,

    aKu wes tAu r0no

  6. zainudin charmot,prambatan said,

    pemandangan di gedung songo memang sunguh menajubkan.pa lagi di waktu senja……!!! waooo…..sunguh menajubkan sekali.qta duduk dibawah candi yang pertama dan qta menghadap ke barat…..!!!! waooo…asiek banget…disana ada gunung kembar 2 lho..,sumpe ngak bo`ong..,dijamin keren bangfet lho..!!

  7. betris said,

    emang bener sekali apa kata mas charmot…..!!!!!! disana emang asyik banget….!!!!!!!!!!!!,pa lagi sambil ama pacarnya, pasti asyik banget….!!!!!!!!!!!!,,,,,bisa bisa ng`mau pulang.!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!,cobain deh..!!!!!!!!

  8. Farhaty Aeni said,

    Candi gedong songo emg asyik, jd pengen k sana ge nih….

  9. chy_ffa klaten said,

    akku kangen dng candi gedongsongo,, akku ingin study tour ksana lagii..
    I MISS YOU PULL……..
    :D :D

  10. sronto said,

    ku dan temen2 banyak sekali kenanganya udah 5 th tdk kumpul suatu saat ku ingin kumpul bernostalgia lagi denganmu wahai candiku emuacchhhh…

  11. Tommy Lukman said,

    Yo tak Akoni nang Candi Gedong Songo memang Nyenengke..Hawane Sejuk..Pemandangane Indah karo Mengucap Syukur atas apa sing diParingi Gusti Allah..Betapa Banyak Beragam Wisata diNegri ini..

  12. Sigit Dwi Kuncoro Pamungkas said,

    pngen banget sih ksna..

  13. Coral said,

    Very soon this web page will be famous among all
    blogging visitors, due to it’s good content

  14. forumimages.com said,

    Hi to every , for the reason that I am really eager of reading this website’s post to be updated regularly. It contains pleasant information.

  15. seo companies in pinal county said,

    You’re so awesome! I do not believe I’ve read through a single thing like this before.
    So good to discover someone with some original
    thoughts on this subject matter. Seriously.. thanks for starting this up.
    This web site is something that is required on the web, someone with a bit of
    originality!

  16. mattress stores in knoxville said,

    Hi, I want to subscribe for this web site to get newest updates, therefore
    where can i do it please help out.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: